Didukung Go Perubahan, Caleg Partai Ummat Dapil I Medan Terima Gagasan Warga via Online

Platform Arief Budiman

Pemilihan Umum (Pemilu) momen penting dalam kehidupan demokratis sebuah negara, di mana warga memiliki kesempatan untuk memilih pemimpin mereka. Di Indonesia, Pemilu seringkali menarik perhatian publik, baik dari kalangan politisi maupun masyarakat umum. 

Salah satu yang mencolok dalam pemilihan umum adalah peran calon legislatif (Caleg) dalam menerima gagasan dan aspirasi warga, dan inovasi baru yang telah diperkenalkan oleh beberapa Caleg di Dapil I Medan, yang menerima gagasan warga via online.

"Partai Ummat, salah satu partai politik yang aktif dalam pemilihan umum, berupaya untuk memberikan perubahan positif dalam berpartisipasi dalam politik. Kami telah mengambil langkah-langkah progresif dalam menggabungkan teknologi dan partisipasi warga memberikan seluas-luasnya untuk memberikan gagasan," ungkap Arief Budi, Caleg Partai Ummat Nomor Urut 5 DPRD Kota Medan, Dapil I, Medan Helvetia, Medan Barat, Medan Petisah, Medan Baru, Senin (30/10/2023). 

Arief Budi, Caleg Partai Ummat Nomor Urut 5 DPRD Kota Medan, Dapil 1 : Medan Helvetia, Medan Barat, Medan Petisah, Medan Baru

Lanjutnya, inisiatif ini adalah respons terhadap perubahan drastis dalam cara komunikasi dan berinteraksi dalam era digital. Teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah cara berkomunikasi.

"Caleg Partai Ummat memahami pentingnya memanfaatkan teknologi ini untuk mendengarkan pendapat dan masukan warga. Salah satu manfaat utama dari menerima gagasan warga via online adalah aksesibilitas yang lebih besar," jelasnya kembali. 

Sementara itu, Ketua Go Perubahan Erri Manto Damanik merincikan warga dapat dengan mudah mengirimkan ide, saran, atau keluhan melalui form yang tersedia. Dukungan Go Perubahan atas inisiatif relawan digital Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) telah dirancang khusus untuk para Caleg Partai Ummat, PKS, PKB dan Partai NasDem yang mengikuti kontestasi Pemilu 2024 mendatang.

"Ini membuat partisipasi politik lebih terjangkau dan nyaman bagi banyak warga, terutama mereka yang memiliki keterbatasan mobilitas. Selain itu, menerima gagasan warga melalui platform online memungkinkan Caleg untuk mengumpulkan masukan dari berbagai segmen masyarakat. Ini membantu mereka mendapatkan wawasan yang lebih lengkap tentang isu-isu yang dihadapi masyarakat Dapil I Medan," jelas Erri. 

Sementara itu, Dewan Pembina Go Perubahan, Susilo menekankan dengan berbagai pandangan yang beragam, Caleg dapat merancang program dan kebijakan yang lebih inklusif dan sesuai dengan kebutuhan warga.

"Dalam mengimplementasikan inisiatif ini, Caleg Partai Ummat Dapil I Medan memastikan transparansi dan akuntabilitas. Mereka dapat merespons masukan warga secara terbuka dan menjelaskan tindakan yang mereka ambil berdasarkan masukan tersebut. Ini membangun kepercayaan antara Caleg dan pemilih, yang merupakan aspek penting dalam politik," terangnya.

Namun, meskipun menerima gagasan warga via online adalah langkah progresif, tantangan tetap ada. Perlu adanya perangkat atau sistem yang kuat untuk mengelola dan menganalisis gagasan yang masuk. 

"Caleg Partai Ummat Dapil I Medan telah memberikan contoh bagaimana teknologi dapat digunakan untuk memperkuat demokrasi dan mendengarkan suara warga. Namun Caleg perlu memastikan bahwa mereka benar-benar mengimplementasikan gagasan warga dalam program dan kebijakan mereka, inisiatif seperti menerima gagasan warga via online membantu menciptakan hubungan yang lebih erat antara Caleg dan pemilih. Ini juga membuka pintu bagi partisipasi yang lebih besar dan lebih inklusif dalam proses politik," tutupnya. 

Sebagai informasi, Platform GOPERUBAHAN.ID diterbitkan oleh PT. Generasi Perubahan Indonesia, dengan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 63111 - Aktivitas Pengolahan Data dan 63121 - Portal Web Dan/Atau Platform Digital Tanpa Tujuan Komersial, berikut uraiannya: 

Platform GOPERUBAHAN.ID mencakup pengoperasian situs web tanpa tujuan komersial yang menggunakan mesin pencari untuk menghasilkan dan memelihara basis data (database) besar dari alamat dan isi internet dalam format yang mudah dicari; pengoperasian situs web yang bertindak sebagai portal ke internet, seperti situs media yang menyediakan isi yang diperbarui secara berkala tanpa tujuan komersial; pengoperasian platform digital dan/atau situs/portal web yang melakukan transaksi elektronik berupa kegiatan usaha fasilitasi dan/atau mediasi pemindahan kepemilikan barang dan/atau jasa dan/atau layanan lainnya melalui internet dan/atau perangkat elektronik dan/atau cara dengan sistem elektronik lainnya tanpa tujuan komersial.

PT. Generasi Perubahan Indonesia juga resmi tercatat sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik di Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dengan ID PSE Kominfo: 004154.01/DJAI.PSE/10/2023.

0 comments :

Berikan Komentar Anda

Progres
Percepatan ekonomi digital Indonesia.
Ekonomi
467
Sosial Budaya
753
Profesional
1065
GOPERUBAHAN.ID


PT. Generasi Perubahan Indonesia.

Non Komersial


Facebook Instagram YouTube

supported by: goperubahan.id
PSE Kominfo: 004154.01/DJAI.PSE/10/2023

Kompatibel: